..<< Kesehatan >>..

20 December 2011

Plus Minus Punya Payudara Besar

Payudara Besar
Banyak wanita yang mendambakan payudara berukuran besar. Namun payudara besar tak selamanya menguntungkan, karena tetap ada untung dan ruginya. Apa saja?

Struktur payudara wanita sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, payudara juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobulus.

Setiap payudara memiliki 12 sampai 20 bagian lobulus (kelenjar penghasil susu pada ujung lobus) dan duct (saluran susu). Menjelang puting, setiap duct melebar untuk membentuk suatu kantung (ampula).

Berikut beberapa untung rugi bagi wanita berdada besar seperti dilansir Menshealth, Jumat (16/12/2011) yaitu:

Keuntungan

1. Wanita berdada besar umumnya memiliki penampilan yang lebih menarik
Bila ukuran payudara sesuai dengan ukuran tubuh, maka penampilan wanita bisa tampak lebih menarik. Tak hanya bagi wanita, kebanyakan pria pun menganggap wanita berdada besar lebih menarik.

2. Meningkatkan rasa percaya diri
Dengan penampilan yang menarik, otomatis dapat meningkatkan rasa percaya diri wanita. Rasa percaya yang tinggi memudahkan wanita untuk bergaul dan bersosialisasi sehingga menjauhkannya dari depresi.

Kerugian

1. Payudara besar kurang sensitif
Dalam sebuah studi yang dilakukan di University of Vienna di Austria peneliti menemukan bahwa payudara besar 24 persen kurang sensitif dibandingkan dengan payudara yang berukuran kecil.

"Ini karena pada payudara kecil saraf yang mentransmisikan sensasi dari puting lebih meregang," jelas Alan Matarasso, MD, ahli bedah plastik di New York City.

Selain itu, payudara yang besar memiliki lebih banyak jaringan lemak ketimbang jaringan kelenjar (bagian paling sensitif dari payudara), sehingga menyebabkan payudara besar lebih kurang sensitif.

2. Lebih sulit mendeteksi benjolan kanker payudara
"Dalam Sadari (pemeriksaan payudara sendiri, untuk deteksi kanker payudara), lebih mudah untuk mendeteksi benjolan di bagian belakang payudara bila ukurannya kecil, karena lapisan yang dilalui lebih sedikit," jelas Dr Marisa Weiss, dokter onkologi dan pendiri breastcancer.org.

3. Lebih sering sakit punggung dan leher
Wanita berpayudara besar biasanya memiliki postur tubuh yang kurang baik karena tekanan pada bagian depan tubuh terlalu besar.

"Payudara yang lebih besar tentu lebih berat dan menempatkan tekanan pada tubuh. Ini mengubah postur seorang wanita sehingga lehernya tegang dan cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala dan punggung," kata Dr Weiss.

(mer/fat) Detik com

No comments:

Digg!

Custom Search
Topic Relation Topic Relation