..<< Kesehatan >>..

31 August 2008

Manfaat Mainan Untuk Bayi

Bayi memiliki mainan yang sangat beragam, dan kadangkala orang tua memberikan mainan berdasarkan jenis kelamin bayi seperti mobil-mobilan dan pesawat untuk bayi laki-laki, serta boneka untuk bayi perempuan.

mainan anak
Tapi tahukah anda bahwa mainan untuk bayi tidak hanya sebagai hiburan tapi juga dapat merangsang perkembangan bayi? Lalu, mainan apa saja yang wajib dimiliki oleh bayi?

Pada dasarnya bayi suka dengan mainan yang bergerak dan mengeluarkan bunyi, terutama bayi yang berumur kurang dari 1 tahun. Bayi juga suka dengan warna-warna yang menyolok.

Ingatkah anda akan mainan seperti komidi putar dengan pita berwarna-warni yang panjang dan memiliki tuas putar yang dapat berputar dan mengeluarkan musik?

Walaupun sederhana mainan tersebut ternyata dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan si bayi.

Mainan yang warnanya mencolok, bergerak dan mengeluarkan bunyi merangsang pendengaran, otak dan otot bayi. Mainan tersebut membuat bayi menjadi senang, tertarik dan bayi akan menggerak-gerakkan tubuhnya untuk meraih mainan tersebut.

Seiring dengan perkembangan bayi, mainan yang diberikanpun harus sesuai dengan jenis kelamin bayi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyimpangan seksual bayi saat dia besar.

Kadangkala ada anak laki-laki yang terlalu feminim atau anak perempuan yang terlalu tomboy, biasanya disebabkan dari kecil diberi orang tuanya mainan yang tidak diperuntukkan kepada jenis kelamin tertentu, seperti memberikan boneka terlalu banyak kepada anak laki-laki dan mobil kepada anak perempuan.

Mungkin orang tua ingin berbeda dari biasanya atau si anak menginginkan mainan tersebut karena pengaruh saudara atau temannya. Namun harap diperhatikan bahwa hal tersebut akan berpengaruh terhadap psikologis anak dan dapat membuatnya mendapatkan masalah di kemudian hari.

Source : pakarbayi.com

No comments:

Digg!

Custom Search
Topic Relation Topic Relation